“Welcome to The Jungle of Knowledge”

Palu, Sabtu 30 Maret 2019 / 23 Rajab 1440

Pascasarjana IAIN Palu kembali mengadakan kegiatan Lecture Series untuk seluruh mahasiswa pascasarjana, baik tingkat magister (S2) maupun tingkat doktor (S3). Lecture Series kali ini mengusung tema Mengidentifikasi Masalah, Mengumpulkan & Menganalisis Data Penelitian. Harapan dari terlaksananya kegiatan ini agar mahasiswa mampu menghasilkan karya penelitian yang bermutu dan berkompoten.

Karya penelitian merupakan karya kegiatan investigasi yang disusun secara sistematis dengan tujuan untuk menemukan, dan menginterpretasikan fakta-fakta yang terjadi dilapangan.  Kegiatan ini menjadi tugas akhir bagi mahasiswa sebagai syarat penyelesaian studi (kuliah).

Pemateri disampaikan oleh Ruslin, S.Pd., M.Pd., M.Sc., Ph.D. Lulusan dari University of Sussex ini memulai pemaparan materinya dengan judul besar Welcome to The Jungle of Knowledge yang berisi tentang langkah-langkah strategis dalam memulai penelitian, serta penyusunan penelitian. Ada beberapa poin utama dalam materi ini yaitu, mengidentifikasi masalah, membedakan topik, pernyataan masalah, tujuan penelitian, dan pertanyaan atau rumusan masalah.

Kegiatan Lecture Series ini berlangsung lancar dengan dihadiri puluhan mahasiswa yang antusias memberikan pertanyaan dan tanggapan dari materi yang disampaikan oleh dosen bhs. Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Palu tersebut. Salah satunya Muhammad Kasman yang bertanya tentang penetapan judul penelitian, apakah lebih baik jika diawal atau diakhir? Pak Ruslin, menjawabnya dengan singkat dan padat bahwa judul yang ditetapkan diawal yang disebut working title, terkadang harus diubah setelah selesai menulis hasil penelitian agar substansi tulisan sesuai dengan judulnya.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *