Signifikansi Teori-teori Sosial dalam Pemikiran Pendidikan dan Hukum Islam

Program Pascasarjana IAIN Palu menyelenggarakan Lecture Series yang pertama di tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Seminar dan dihadiri oleh mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ahwal Syakhsiyah, Jumat (25/1/2019).

Kegiatan Lecture Series merupakan kegiatan akademik yang diadakan rutin setiap bulan dengan menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten dari kalangan dosen dan peneliti di lingkungan PTKIN di Indonesia.

“Lecture series ini dimaksudkan untuk memberikan penguatan wawasan keislaman dan metodologi studi Islam agar mahasiswa mempunyai pemahaman yang mendalam tentang isu-isu keislaman kontemporer dan global,” terang Direktur Pascasarjana IAIN Palu, Prof. Dr. Rusli, M.Soc.Sc.

Lecture Series kali ini mengusung tema dengan tema Signifikansi Teori-teori Sosial dalam Pemikiran Pendidikan dan Hukum Islam dengan pembicara adalah Dr. H. Lukman S. Thahir, M.A. Dalam paparannya, Dr. Lukman mengetengahkan pentingnya interkoneksitas antara studi keislaman dengan pendekatan-pendekatan ilmu sosial. Tanpa melakukan interkoneksi antara ilmu-ilmu sosial dan kajian Islam, maka kajian Islam akan menjadi hambar. Untuk itu, mahasiswa seharusnya mempelajari dan menguasai ilmu-ilmu sosial dan humaniora untuk meneliti dan menganalisis isu-isu dalam Islam.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *