KULIAH UMUM PASCASARJANA IAIN PALU

Saat pemateri Ahmad Rafiq, M.Ag., M.A.,Ph.D menyampaikan materi, nampak juga Prof. Dr. Rusli, S.Ag., M.Soc.Sc. dan Dr. H. Sidik, M.Ag memperhatikan pemaparan materi

Senin, 22 April 2019, Pascasarjana IAIN Palu kembali menggelar Kuliah Umum dengan tema ” Memikirkan Ulang Studi Alquran dalam Diskursus Multidisiplin Keilmuan Islam” dengan pemateri tunggal yaitu bapak Ahmad Rafiq, M.Ag., M.A., Ph.D.

Direktur Pascasarjana IAIN Palu menyampaikan dalam sambutannya bahwa tema ini diusung untuk memberikan wawasan keilmuan studi al-Quran bagi mahasiswa pascasarjana. Mahasiswa yang berasal dari berbagai disiplin keilmuan Islam dapat memahami dan mengkaji tentang studi al-Quran melalui disiplin keilmuannya masing-masing.

sambutan Direktur Pascasarjana IAIN Palu, Prof. Dr. Rusli, S.Ag., M.Soc.Sc

Dalam penjelasannya, bapak Ahmad Rafiq menjelaskan “bahwa secara substansial al-Quran merupakan petunjuk namun secara historis merupakan kalam Allah yang diturunkan sebagai respon atas berbagai peristiwa dan keadaan di sekitar Rasulullah SAW dan orang arab pada masa itu”.

lanjutnya, “bahasa al-Quran berbeda dengan bahasa kitab suci lainnya terutama terkait vernacular. sejak awal bahasa al-Quran tidak mengenal gerakan vernakularisasi dan gerakan ini hanya berlaku pada kitab suci agama lainnya”.

Kegiatan kuliah umum ini sebagai kegiatan pembuka perkuliahan semester genap 2018/2019 sehingga mahasiswa mendapatkan motivasi dan semangat saat menjalani kajian dalam perkuliahan nantinya.

dari kanan: Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Adam, M.Pd., M.Si., Dekan FUAD Dr. H. Lukman S. Taher, M.Ag., Ketua LP2M Prof. Dr. H. M. Asy’ari, M.Ag, dan Dekan FTIK Dr. Mohammad Idhan, S.Ag., M.Ag

Sumber: Pascasarjana IAIN Palu

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *