DIREKTUR HADIRI RAKOR PENGUATAN KELEMBAGAAN PASCASARJANA PTKIN

Direktur Pascasarjana IAIN Palu menyempatkan diri untuk menghadiri rapat koordinasi (rakor) untuk penguatan kelembagaan Pascasarjana PTKIN yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI pada tanggal 17-18 Juli 2019 di Hotel Harris Vertu Harmoni Jakarta Pusat

foto bersama seluruh Direktur Pascasarjana PTKIN se-Indonesia

melalui Forum Direktur Pascasarjana (FORDIPAS), para direktur membahas berbagai hal diantaranya tentang penguatan Pascasarjana dalam pengelolaan tata kelola menuju internasionalisasi Pascasarjana PTKIN se-Indonesia.

kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, juga membahas rekomendasi FORDIPAS kepada KEMENAG RI pada pertemuan sebelumnya.

Fordipas mengeluarkan tujuh rekomendasi untuk penguatan lembaga dan percepatan internasionalisasi pascasarjana tersebut:

Pertama, langkah yang harus dilakukan adalah nomenklatur pascasarjana perlu diubah menjadi fakultas pascasarjana yang dipimpin seorang dekan.

Kedua, pengelolaan program studi jenjang S2 dan S3 menjadi tanggung jawab dan kewenangan fakultas pascasarjana.

Ketiga, untuk mendukung poin 1 dan 2, dekan dibantu oleh tiga wakil dekan, dan kepala bagian dibantu oleh dua sub bagian.

Keempat, penguatan kelembagaan fakultas pascasarjana selanjutnya diatur dalam struktur organisasi dan tata kerja masing-masing PTKIN.

Kelima, untuk mempercepat misi internasionalisasi pascasarjana, fakultas pascasarjana hendaknya diberikan penganggaran sekurang-kurangnya 75% dari pemasukan yang diperoleh pascasarjana.

Keenam, dosen pascasarjana hendaknya diberikan kemudahan keluar negeri, untuk mengembangkan joint research, student exchange and lektrurers, collaborative seminar dan berbagai kegiatan akademik lainnya.

Ketujuh, penamaan prodi di fakultas pascasarjana hendaknya tidak memaksakan penggunaan nomenklatur yang terlalu spesifik.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *