Designing Semester Lesson Plan Based on the National Qualification Framework/ KKNI toward a Quality Learning

Sabtu, 9 – 10 November 2019 – Pascasarjana IAIN Palu terus meningkatkan kualitas akademik lembaganya, melalui kegiatan workshop RPS berbasis KKNI. Kegiatan ini bertujuan untuk menyeragamkan konsep RPS di lembaganya berbasis Kerangkan Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Menurut Perpres No. 08 tahun 2012, KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa KKNI merupakan program studi yang mengharuskan sistem pendidikan di Perguruan Tinggi memperjelas profil lulusannya, sehingga dapat disesuaikan dengan kelayakan dalam sudut pandang analisa kebutuhan masyarakat.

kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dengan dua pemateri utama yaitu;
1. Prof. Dr. H. Saggaf S. Pettalongi, M.Pd. (Rektor IAIN Palu) dengan materi “Arah Kebijakan IAIN Palu dalam Pengembangan Kualitas Pembelajaran
2. Dr. Asep Mahpudz, M.Si, (Peneliti Pendidikan FKIP Untad) dengan materi “Konsep Penyusunan RPS berbasis KKNI”

sesi Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd saat menyampaikan materi
sesi Dr. Asep Mahpudz, M.Si, saat menyampaikan materi

kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen Pascasarjana IAIN Palu, yang berjumlah 50 orang, dari program magister dan program doktor. Pada saat sesi II setiap peserta dianjurkan mengkonsep RPS Mata Kuliah yang diampuh. Sehingga, output dari workshop ini setiap dosen dapat berkoordinasi sesama tim pengampuh mata kuliah dalam menyusun RPS mata kuliah yang sesuai konsep KKNI.

Kedepannya, Pascasarjana IAIN Palu menjadi terdepan pada mutu pembelajarannya dan mutu mahasiswanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *